Wednesday, December 2, 2015

Penerbangan Desahan Lion Air Kemenhub: Kalau Kopilot 'Desahan' Langgar Prosedur, Pecat Saja!

Yahukimo - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau para pilot tidak main-main saat penerbangan. Bila ada yang melanggar prosedur, sanksinya adalah pemecatan. Tak terkecuali kopilot yang mengeluarkan suara desahan dan bermain dengan pengumuman 'janda'.

"Kalau saya, pecat saja. Kalau sudah nggak prosedural, pecat saja," kata Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo di sela-sela mendampingi kunjungan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Yahukimo, Papua, Kamis (19/11/2015).

Suprasetyo menegaskan, para pilot dan kopilot harus menjalankan tugas penerbangan sesuai prosedur. Jangan sampai ada pelanggaran yang bisa mengancam keselamatan penerbangan.

Bagi Suprasetyo, bermain-main dengan pengeras suara jelas melanggar prosedur. Apalagi si kopilot membicarakan pramugari dengan menyebut 'janda'. Setelah diklarifikasi, dia memberikan ucapan selamat ulang tahun.

"Kita imbau untuk sesuai prosedur. Tegakkan SOP, jangan melanggar SOP!" tegasnya.

Soal pengumuman janda, berikut penjelasan versi Lion Air dan penumpang:

Versi Penumpang:

Pesawat akhirnya berangkat setelah delay lebih dari dua jam. Para penumpang mengantre bergantian masuk ke dalam pesawat. Nah, saat antrean tersebut, terdengar suara dari kokpit pesawat lewat speaker. Suara tersebut membuat para penumpang kaget.

"Pramugari kami ini ditinggal suaminya, gagal dalam pernikahan pertama. Janda cantik, berhidung pesek," demikian suara tersebut seperti ditirukan oleh Lambertus. Menurut Lambertus, itu diucapkan berulang-ulang, terutama kata janda.

Versi Lion Air:

Terdapat pelanggaran prosedur announcement oleh kopilot berupa ucapan selamat ulang tahun kepada salah satu awak kabin. Kami tegaskan bahwa kopilot kami tidak dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh narkoba seperti yang diberitakan dan dalam keadaan sehat walafiat. Hal ini diperkuat oleh kesaksian dari Pilot in Command serta awak kabin yang lain.

Atas pelanggaran prosedur announcement terkait dengan ucapan ulang tahun maka kopilot telah diberikan sanksi berupa hukuman tidak boleh terbang (grounded).

No comments:

Post a Comment